;

Kamis, 24 Juni 2010

KETIKA IDE MENULIS BUKU KERING?

Apakah Anda sedang mengalami kehabisan ide menulis, padahal jumlah lembar naskah masih jauh dari target? Anda berharap bisa menyelesaikan sebuah naskah setebal 120 lembar, namun ketika baru menyelesaikan 80 lembar, Anda sudah tidak tahu lagi menulis apa?

Barangkali saran terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengendapkan tulisan Anda. Untuk sementara Anda menghentikan kegiatan menulis naskah tersebut. Namun pada masa jeda ini Anda gunakan menjaring ide.

Cara termudah adalah dengan membaca buku. Namun buku yang Anda baca sebaiknya tidak berhubungan dengan buku Anda. Atau kalaupun berkaitan mungkin Anda bisa mencari tema-tema baru. Dengan membaca buku-buku dengan tema-tema baru dapat membuka perspektif baru dalam pemikiran Anda.

Bacalah buku-buku tersebut bukan bertujuan untuk menjaring ide melainkan untuk bersenang-senang dengan buku tersebut. Namun tanpa Anda sadari sesungguhnya otak Anda mengolah informasi yang baru tersebut dan mengaitkan dengan informasi yang sudah terekam sebelumnya.

Sehingga mungkin Anda terkejut ketika Anda membaca buku itu tiba-tiba Anda mendapatkan inspirasi baru dan teringat naskah Anda. Jika itu terjadi sebaiknya langsung tuliskan pada selembar kertas, file kosong atau ke dalam naskah Anda.

Atau jika Anda tidak mendapatkan inspirasi secara mendadak, cobalah membaca kembali naskah Anda setelah beberapa hari berhenti menulis. Bisa jadi ketika Anda membaca naskah Anda, dengan informasi yang baru di dalam otak Anda, maka akan muncul ide-ide segar yang bisa Anda kembangkan dari apa yang sudah ada dalam naskah Anda. Kemudian tuliskan di kertas kosong, file baru atau langsung ke dalam naskah Anda.

Tidak ada komentar: