;

Rabu, 13 Juli 2011

CARA LAIN MENULIS BUKU

Salah satu cara kreatif untuk menciptakan kredibilitas Anda dalam suatu bidang melalui penulisan buku adalah dengan menjadi penulis pendamping untuk buku dari seorang pakar. Misalnya Anda ingin dikenal sebagai pakar marketing internet, maka Anda bisa menulis buku bersama seorang pakar pemasaran online, dimana Anda sebagai penulis kedua.

Mungkin strategi ini juga dilakukan oleh Hermawan Kartajaya, yang saat ini dinobatkan sebagai salah satu dari “50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing” oleh Chartered Institute of Marketing, United Kingdom (CIM-UK).

Salah satu strategi yang ia lakukan untuk membangun personal brandnya sebagai pakar marketing terkemuka adalah menjadi co –writer Philip Kotler untuk bukunya yang berjudul "Repositioning Asia: From Bubble to Sustainable Economy". Dimana kereka melakukan analisis mengapa krisis terjadi pada tahun 1997 terjadi dan bagaimana pemerintah serta perusahaan mengatasi hal tersebut.

Bagaimana Anda bisa mewujudkan hal ini?

Tentu Anda tidak bisa mendadak diterima menjadi penulis pendamping dari seorang pakar jika Anda tidak dikenal baik. Oleh sebab itu ada baiknya Anda menjalin hubungan baik dengan berbagai pakar di bidang Anda, sehingga besar kemungkinan Anda bekerjasama dengan mereka di kemudian hari.

Kemudian bagaimana agar dia tertarik untuk menjadikan Anda sebagai rekan penulisnya? Caranya termudahnya adalah dengan menawarkan jasa penulisan. Biasanya para pakar adalah orang yang super sibuk , akan sangat sulit mereka menuliskan buku mereka. Maka sebaiknya Anda menawarkan diri untuk menuliskan bukunya dengan materi-matera yang dimiliki si pakar, apakah dalam bentuk powerpoint, handout, bahan audio.

Jika ia mengetahui jika Anda memang memiliki pengetahuan dalam bidangnya tentu ia tidak akan ragu menjadikan Anda patnernya.Setelah mendapatkan kesepakatan maka langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah:

1.Menentukan tema dan outline.
2.Setelah si pakar setuju dengan tema dan outline yang Anda ajukan maka selanjutnya Anda menuliskannya dengan bahan- bahan dari sang pakar
3.Setelah menyelesaikan penulisan sebaiknya serahkan ke si pakar untuk memperbaiki dan perbaikan
4.Jika si pakar sepakat dengan naskah tersebut maka selanjutnya mengirimkan ke penerbit.

Namun adakalanya seorang pakar rela menuliskan buku kolaborasi tersebut namun akan berbagi bab dengan Anda. Mungkin bab-bab yang cukup rumit akan dituliskannya oleh si pakar dan yang bab lainnya Anda yang menuliskannya.

Tidak ada komentar: