;

Kamis, 28 Juli 2011

FRANCHISE WRITER


Tentu Anda mengenal konsep franchise, dimana salah sebuah perusahaan memberikan otoritas pada pihak lain menggunakan brand, sistemnya yang digunakannya untuk memperoleh keuntungan. Misalnya saja KFC menyebar di berbagai negara dengan konsep ini. Dengan manfaat si pemilik brand dan system mendapatkan fee atau share keuntungan dari pemanfaatan tersebut.

Dengan system ini seorang yang ingin memiliki usaha tidak perlu lagi mempromosikan brandnya, membangun system, menciptakan relasi dengan supplyer, memasarkan kepada konsumen. Pasalnya ia tinggal menduplikasi usaha yang sudah “jadi” dan menghasilkan.

Misalnya dengan membuka gerai KFC pihak yang melakukan kerjasama franchise secara otomatis berhak menggunakan brand restoran fast food tersebut, memiliki peralatan yang sesuai standar KFC plus koki, pelayanan yang terampil. Juga tidak perlu melakukan promosi gencar, karena dengan melihat logo KFC saja, konsumen dengan sendirinya menghampiri gerai tersebut.

Tentu banyak usaha yang telah disfranchise kan. Tidak hanya restoran. Juga minimarket, jasa kurir, apotik dsb. Dan banyak usaha lainnya yang bisa difranchisekan.

Frenchise Writer
Melihat geliat perkembangan franchise di Indonesia, Sipayung Consultant (KMB) terinspirasi membuat system kerjasama Franchise Writer (Waralaba Penulis).Ini cara mudah bagi Anda yang ingin menjadi penulis, tidak dengan cara instant, karena dalam kerjasama ini dipastikan ada share pengetahuan.

Prinsipnya adalah Anda akan menciptakan buku bersama seorang penulis professional (Hendra Sipayung/Agustinus, penulis lebih dari 14 judul buku). Dalam proses ini Anda akan disharekan cara:

1. Membuat tema yang dibutuhkan penerbit
2. Membuat outline yang menarik
3. Membuat tulisan bab per bab
4. Mengedit naskah
5. Membuat proposal untuk penerbit
6. Berhubungan dengna penerbit

Jika belajar sendiri maka Anda memerlukan waktu bertahun-tahun untuk menguasai hal tersebut. Namun dengan system franchise ini sang pemberi franchise akan merancang step-step penulisan yang efektif sebagaimana yang lazim dilakukan penulis professional. Sehingga Anda akan mendapatkan pengetahuan berharga tentang cara membuat buku yang baik, plus merasakan cara bekerja seperti halnya para penulis.

Dengan system ini Anda akan menjadi penulis pertama dan penulis professional akan menjadi penulis kedua. Dimana penulis kedua akan melakukan bimbingan, evaluasi dan aktivitas yang lain untuk menjamin kualitas naskah yang dihasilkan sesuai dengan hasil terbaik yang biasa dihasilkannya. Adapun pihak yang akan menjadi penghubung dengan penerbit adalah penulis pemberi franchise.

Biaya dan Manfaat
Salah satu kendala yang sering dihadapi para penulis pemula dalam mengikuti jasa bimbingan penulisan adalah masalah biaya.

Pertama, karena dana yang dimiliki terbatas.

Kedua, adanya kekhawatiran jika kemudian tidak terbukti menjadi penulis.

Oleh sebab itu dengan system ini biaya untuk registrasi franchiser per satu judul buku, hanya
  1. Rp 250.000,- (mahasiswa + pekerja dengan penghasilan < Rp. 2 juta) atau
  2. Rp. 500.000 (untuk pemilik usaha menengah, dosen dsb) (untuk masa promosi),
sebagai biaya operasional penulisan dan pelatihan.

Untuk keberhasilan yang Anda raih untuk buku yang terbit, Anda hanya akan bisa membagikannya dari royalty, sebesar:
  1. 0 % untuk penghasilan kurang dari Rp. 200.000,-
  2. 50 % untuk penghasilan lebih dari Rp. 200.000,-
  3. Fee jika franchiser diundang sebagai pembicara sebesar min 10 % dari honorarium di atas Rp. 700.000,-
Jadi dengan franchise ini keuntungan jelas:
  1. Hanya dengan membayar Rp. 250.000 (Rp. 500.000),- Anda tidak hanya mendapatkan teori dan pengetahuan namun bisa mewujudkan impian Anda menjadi penulis.
  2. Anda tidak perlu meninggalkan tempat Anda, karena kerjasama ini berlangsung secara online dan Anda bisa mengerjakan di rumah.
  3. Anda berpeluang mendapatkan royalty hingga jutaan Rupiah selama bertahun-tahun
  4. Anda berpeluang dikenal sebagai pakar dan mendapatkan penghasilan sebagai pembicara, konsultan dsb dengan peluang penghasilan hingga puluhan juta Rupiah.
Cara Menjadi Frenchiser Writer
Untuk menjadi franchiser writer Anda harus melalui tahapan sebagai berikut:
  1. Melakukan pendaftaran dengan mengirimkan surat pengajuan diri menjadi “Franchiser Writer”, dilampirkan dengan biodata/Curriculum vitae, sampel tulisan yang pernah dibuat dan tema. Kirim ke konsultasimenulis@yahoo.com
  2. Kami akan mengevaluasi tema yang ingin ditulis, CV dan sampel tulisan (jika dalam bentuk fiksi otomatis kami tolak, atau tema yang akan ditulis tidak sesuai kualifikasi keilmuan juga tidak akan kami terima). Jawaban akan kami berikan paling lambat 2 minggu
  3. Selanjutnya kami akan mengirimkan ketentuan kerjasama
  4. Setelah dilakukan pembayaran (full) maka kerjasama “Franchiser Writer” akan dimulai.
Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut hubungi Sipayung Consultant melalui nomor 085925077652

Tidak ada komentar: