;

Senin, 16 Januari 2012

Memperkenalkan Konsep Baru Bagi Pembaca


Anda ingin menjadi pakar? Maka strategi yang bisa Anda jalankan adalah menciptakan konsep baru dan menyebarluaskannya melalui publikasi, salah satunya dengan menulis buku. Misalnya Anda ingin memperkenalkan konsep “Terapi Puisi”, maka Anda menuliskannya menjadi buku. Jika pembaca Anda tertarik dengan konsep ini sangat mungkin Anda dianggap sebagai pakar “Terapi Puisi”.

Namun apakah dengan menulis buku dan menerbitkannya maka dengan mudah Anda bisa mendapatkan pembaca? Tentu tidak. Apalagi jika Anda menawarkan sesuatu yang baru yang mungkin kebanyakan orang tidak lazim.

Jadi strateginya, sebaiknya Anda jangan menuliskan buku yang sifatnya teknis dan berisi informasi yang mendalam. Apalagi jika buku tersebut cukup tebal hingga lebih dari 200 lembar. Dipastikan akan sedikit orang yang mau membeli buku Anda. Karena calon pembaca Anda akan berpikir, untuk apa membayar mahal untuk sesuatu yang dianggap tidak biasa.

Lebih baik tuliskan buku yang sifatnya pengantar. Jika perlu diterbitkan dalam bentuk buku saku atau handbook. Artinya jika dipasarkan harganya tidak terlalu mahal dan mudah dipahami. Lalu gunakan judul yang menarik, misalnya “Rahasia Sehat Jiwa dengan Terapi Puisi” dan resume buku Anda di halaman belakang yang menimbulkan penasaran.

Dengan melihat judul buku itu maka calon pembaca Anda akan melirik. Lalu membaca penjelasan tentang isi buku ini di halaman belakang. Jika ia tertarik selanjutnya ia lihat label harga. Jika ternyata hanya Rp. 20.000,- atau cukup murah, maka ia tidak perlu mengeluarkan dompet untuk membeli buku melainkan mengambil uang dari sakunya.

Setelah buku mendapat penerimaan luas selanjutnya Anda dapat menuliskan buku panduan yang lebih teknis. Namun bagimana Anda bisa mengetahuinya? Caranya adalah dengan mencantumkan email, nomor yang bisa dihubungkan atau alamat jejaring social. Lalu lihat apakah ada orang yang menghubungi Anda. Jika ada maka itu adalah indikator jika karya Anda diterima.

Ada baiknya, selain menulis buku, Anda juga bisa menngkampanyekan konsep baru Anda melalui internet dengan menulis di blog atau website. Dan ini juga akan sangat membantu Anda ketika menerbitkan buku pertama Anda. Karena setidaknya sudah ada beberapa orang yang sudah mengenal sekilas tentang konsep yang Anda tawarkan.

1 komentar:

obyektif-magazine mengatakan...

Profesi menulis memang menarik...Salam kenal dariku.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)