;

Rabu, 04 Januari 2012

TIGA STRATEGI MENJADI PAKAR


“Saya ini lulusan Ilmu Marketing dan Statistika di Universitas ternama di Inggris, Pak. Saya yakin bahwa saya bisa memberikan saran terbaik baik buat Bapak”, ungkap seorang pengajar di sebuah sekolah tinggi Bisnis, ketika diwawancarai seorang Direktur R & D perusahaan yang ingin melakukan market research.

“CV Anda cukup meyakinkan, tapi kenapa saya tidak mengenal Anda sebelumnya?”, kata sang Direktur sambil mengarahkan pandangannya kearahnya.

Dari sepenggal cerita di atas menyiratkan apa yang disebut dengan kredibilitas. Anda tidak bisa meyakinkan orang bahwa Anda pakar semata-mata menunjukkan ijazah sebagai lulusan Universitas ternama, atau menceritakan bagaimana Anda sangat menguasai suatu bidang.

Kredibilitas adalah menyangkut soal pengakuan. Anda pakar karena banyak orang menganggap Anda demikian. Oleh sebab itu, untuk membangun kredibilitas membutuhkan strategi, dan tidak cukup menenteng kertas sertifikat yang Anda miliki.

Oleh sebab, agar Anda diakui sebagai pakar maka Anda harus menunjukkan pengetahuan pada banyak orang. Dan setidaknya ada 3 strategi efektif yang bisa Anda terapkan untuk membangun kredibilitas diri Anda.

Menulis Buku
Salah satu cara yang cukup terbukti membangun kredibilitas adalah menyebarkan pengetahuan dengan menulis buku. Jika naskah Anda sukses menembus penerbit, maka setidaknya akan ada 3000 orang yang berpotensi mengetahui pikiran Anda. Untuk sekali terbit, sebuah penerbit biasanya mencetak hingga 3000 sd 5000 exp.

Banyak pakar yang membuktikan dasyatnya efek buku bagi pengembangan karirnya. Tung DW, Hermawan Kertajaya, Safir Saiduk, Sri Mulyani adalah contoh orang-orang ternama yang sukses membangun kredibilitasnya melalui buku.

Jadi jika Anda merasa memiliki pengetahuan, putuskanlah segera untuk bagikanlah melalui buku. Sebaiknya tentukan tema yang ingin Anda tulis sesuai dengan label kepakaran yang ingin Anda lekatkan pada diri Anda.

Tulislah buku-buku dengan berbagai tingkat kedalaman penyajian. Buatkan buku-buku yang sederhana untuk pembaca yang lebih luas, karena buku seperti ini lebih mudah menarik minat penerbit. Jika Anda sudah mulai dikenal, maka Anda sudah bisa mencoba menulis buku yang lebih teknis.

Tulislah lebih dari 2 judul buku. Tentu semakin banyak buku yang Anda tulis semakin baik. Sebaiknya berupayalah menerbitkan buku Anda di penerbit ternama.

Memanfaatkan Internet
Sarana lain yang bisa Anda gunakan untuk menyebarkan pengetahuan adalah dengan memanfaatkan jaringan internet. Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas seperti blog, youtube, milis dsb.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat blog atau situs. Pilihlah judul situs atau alamat yang bisa mengambarkan keahlian Anda. Misalnya “ Situs parenting”, “ Blog Kesehatan Keluarga” www.konsultasikeuangan.com .

Lalu bagikanlah pengetahuan Anda berupa hal-hal yang ringan, praktis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Gunakan judul menarik yang bisa menarik pembaca. Seperti “ Membuat Anak Super Genius”, “ Rahasia Mendapatkan Kredit tanpa Agunan”.

Sebaiknya update situs Anda secara rutin. Semakin banyak tulisan Anda yang dipulish maka semakin besar kemungkinan situs Anda akan dilist di mesin pencari seperti google, yahoo, pada uratan pertama.

Tulisan-tulisan tersebut juga bisa Anda bagikan di milis, yang anggotanya memiliki kesamaan minat dengan Anda. Lakukan juga secara rutin.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan youtube, untuk membagikan pengetahuan Anda berupa video presentasi. Semakin banyak Anda berbagai pengetahuan melalui layanan ini semakin mungkin Anda dikenal tidak hanya pengetahuan Anda namun juga wajah Anda.

Sebaiknya jangan lupa menceritakan siapa Anda, personal contact di situs Anda ketika mengirimkan tulisan di milis atau video di youtube.

Jadikan Konsultan Gratisan
Cara lain yang cukup efektif membangun kredibilitas adalah memberikan bantuan pada orang lain secara gratis. Misalnya membuka ruang diskusi atau konsultasi, menawarkan bimbingan belajar secara online dsb, secara gratis.

Karena melalui cara inilah orang mengetahui betapa Anda benar-benar “bernas”, ketika apa yang Anda sarankan dan ajarkan ternyata terbukti berhasil. Dan biasanya orang yang merasa puas dengan sebuah layanan dengan sendirinya menjadi marketing alamiah bagi Anda. Mereka akan menceritakan kepada teman, Saudara kepada Anda.

Itu sebabnya mengapa Anda seorang dokter yang ramai pasiennya padahal ia tidak pernah beriklan dimanapun. Karena kemanjuran sang dokter informasi tentang dirinyapun beredar dari mulut ke mulut. “ Mbak, saya sembuh setelah ditangani Dokter Andre”, tutur seorang Ibu pada temannya.

Bagaimana Anda Mendapatkan Keuntungan

Jika Anda melakukan hal di atas secara konsisten maka secara perlahan Anda mulai dikenal. Pada saat Anda diakui sebagai pakar maka Anda mendapatkan keuntungan antara lain diundang sebagai narasumber, sebagai konsultan, mendapatkan kepercayaan untuk memimpin sebuah proyek atau perusahaan, dan kesempatan lainnya yang dapat mendatangkan penghasilan yang tidak lumayan.

Bandingkan seorang yang bekerja sebagai karyawan yang mengharapkan perusahaan memberikan kenaikan gaji atau jabatan dan setelah ia memutuskan untuk membangun kredibilitasnya ia pun memutar haluan menjadi pembicara dan konsultan. Penghasilannya menjadi beberapa kali lipat dari pendapatannya sebagai karyawan. Selain itu, bisa minum kopi bersama para direksi sejumlah perusahaan besar yang mustahil ia lakukan sebelumnya. Ia menjadi sosok yang ada dalam benak banyak orang.

Jadi jika saat ini Anda adalah seorang karyawan, dosen, atau pekerja lepas yang tidak dikenal, maka sudah saatnya Anda membangun kredibilitas anda untuk meraih kesuksesan diri Anda. Karena kesuksesan adalah hak Anda.

Tidak ada komentar: