;

Rabu, 11 Januari 2012

TERAPI MENULIS

“ Pak, apa rahasia Bapak bisa mencetak penulis dalam waktu singkat?” , tanya salah seorang calon bimbingan saya.

“ Saya hanya memberikan terapi?”, jawab saya.

“ Seperti apa itu?”.

Tentu tidak ada cara yang luar biasa yang saya terapkan untuk menjadikan Anda seorang penulis. Saya hanya berbekal keyakinan bahwa semua orang bisa menulis selama ia bisa berbicara dengan baik.

“Lalu apa yang kemudian Anda lakukan pada bimbingan Anda?”, tanya seorang teman.

Saya hanya mendorong Anda untuk menulis, menulis dan menulis. Lalu melalui berbagai kendala yang Anda hadapi , disitulah saya menanamkan sejumlah pengetahuan dan keterampilan menulis. Adapun orientasi saya ketika mengajar adalah bagaimana Anda bisa membagikan sebagian diri Anda pada orang lain melalui tulisan.

Namun yang terpenting dari terapi yang saya lakukan adalah menghancurkan mental block dalam diri setiap bimbingan saya. Dengan mengubah persepsinya bahwa menulis itu tidak menyenangkan, sulit, membutuhkan bakat. Tidak dengan teori melainkan tindakan praktis.

“Lalu bagaimana bimbingan Anda mengetahui tentang teori penulisan?”, tanya seorang penulis pada saya.

Tentu sebagian besar orang tidak pernah mengetahui teori tentang bahasa, meskipun mereka bisa berbicara dengan baik. Namun akan mudah bagi seseorang, mempelajari tentang tata bahasa jika ia menguasai penggunaan suatu bahasa secara praktis dalam kehidupan sehari-harinya.

Jadi bagaimana bimbingan saya bisa memahami teori tentang penulisan? Ia cukup memahirkan dirinya menulis, lalu membiarkan pikirannya mengkonsepsi dengan sendiri teori tentang penulisan .

Tidak ada komentar: