;

Senin, 25 Mei 2009

MENGENAI BIAYA KONSULTASI

Pernah seorang mahasiswa yang tinggal di Depok mengontak saya. "Jika saya ingin menggunakan jasa Bapak, berapa biaya yang harus saya keluarkan?". Dengan santai saya katakan, " Itu tergantung tingkat kesulitannya, bisa gratis bisa juga Anda harus bayar agak sedikit mahal".

Untuk jasa konsultasi saya akan menetapkan biaya yang rasional. Jika Anda ingin sekedar berkonsultasi via telepon tentu saya akan dengan terbuka berbagi pengetahuan secara cuma-cuma. Namun untuk jasa penulisan atau konsultasi untuk pembuatan buku, maka ini akan sangat ditentukan dari ketebalan naskah, target penerbit, dan tingkat kesulitan dalam editing. Tentu saya juga akan memperhatikan siapa yang menjadi klien saya.

Tentu jika klien saya adalah orang yang mengharapkan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup, untuk melunasi utang. Meskipun ini harapan yang terlalu berlebihan, namun saya akan mempertimbangkan untuk menetapkan biaya yang relatif rendah.

Tapi jika ada klien yang ingin meminta bantuan membuatkan biografi. Dan beliau adalah pejabat ternama, tentu wajar biaya yang saya patok cukup besar.

Namun intinya, biaya yang Anda keluarkan akan sebanding dengan manfaat yang Anda rasakan. Dan saya jamin Anda tidak bakal kecewa.

1 komentar:

Moses Foresto mengatakan...

Jasa yang ditawarkan menarik sekali. Salam kenal.