;

Selasa, 15 November 2011

DARI BAHAN PRESENTASI JADI BUKU

Ternyata sebuah bahan presentasi powerpoint bisa diangkat menjadi buku. Tentu tidak dengan memindahkan tulisan dari powerpoint ke dalam word, namun masih diperlukan pengembangan tulisan dan editing. Adapun langkah-langkah menjadikan bahan presentasi menjadi buku adalah sebagai berikut

Membangun Outline
Langkah pertama jelas Anda harus menentukan judul dan membangun outline, semacam daftar isi buku. Jadi sebelum Anda menuliskan isi dari buku yang diangkat dari bahan presentasi maka Anda terlebih dahulu memilih judul yang menarik dan menyusun bab per bab yang akan Anda tulis.

Menyusun Kerangka Berpikir
Biasanya isi bahan presentasi adalah pokok-pokok pikiran dari seorang pembicara, yang kemudian dijelaskan lebih lanjut secara lisan. Namun point-point itu bisa dijadikan pokok-pokok pikiran pada bab-bab yang relevan.

Point-point ini dirangkai agar tersusun secara sistematis. Sehingga ketika dituliskan, alurnya jelas dan tidak lompat-lompat. Demikian juga untuk ilustrasi atau gambar-gambat yang mendukung salah satu pokok pikiran sebaiknya diletakkan pada bagian yang relevan.

Menuliskan Isi
Dari pokok pikiran yang sudah disusun maka saatnya Anda mengembangkannya menjadi tulisan dengan membangun kalimat penjelas yang bisa bersumber dari ungkapan si narasumber (atau pikiran Anda sendiri), atau dari bahan referensi. Usahakan setiap pokok pikiran memiliki kalimat yang sifatnya menjelaskan, membuktikan, dan memberikan ilustrasi atau contoh Sekiranya ada foto atau gambar-gambar yang mendukung jangan lupa untuk menambahkannya.

Lakukan Editing
Setelah Anda menuliskan naskah Anda hingga selesai, maka langkah selanjutnya melakukan editing. Tujuannya untuk melihat alur tulisan, apakah sudah sistematis atau belum. Jangan ragu untuk menghilangkan bagian yang dapat membuat tulisan Anda semberaut.

Simak kalimat yang Anda susun. Apakah sudah cukup mudah dipahami atau tidak? Jika belum, coba tulis ulang. Jangan lupa memperhatikan salah ketik, salah penempatan tanda baca. Setelah mengedit, endapkan beberapa hari naskah Anda, lalu edit ulang hingga lebih sempurna.

Dengan tahapan ini Anda bisa membuat buku dengan mudah dengan bahan-bahan presentasi yang Anda miliki.

Tidak ada komentar: