;

Rabu, 11 Januari 2012

Seperti Apa Tulisan yang Baik?


Banyak penulis pemula yang menciptakan standar yang terlalu tinggi terhadap hasil penulisannya. Itu sebabnya banyak dari mereka yang kemudian merasa tidak PD untuk mengirimkan karyanya ke penerbit. Salah satu alasannya adalah karena mereka merasa tulisannya tidak menarik.

Sehingga salah satu pertanyaan yang muncul dalam benak para penulis pemula adalah seperti apa, sih, tulisan yang menarik itu?

Jika kepada saya ditanyakan pertanyaan seperti itu, maka jawaban saya cukup sederhana.

Saya tidak akan mengatakan bahwa tulisan yang baik itu adalah yang menggunakan kata-kata yang indah atau menyusun kalimat dengan njelimet. Melainkan tulisan yang baik itu adalah yang “ketika orang membaca bisa menangkap yang Anda maksud”.

Serhana bukan!?. Itu sebabnya mengapa ada kalimat yang disebut tidak baku, karena penggunaan kalimat itu bisa multitafsir atau tidak jelas maknanya.

Makanya dengan tujuan itu, kadang penulis tidak membutuhkan kata-kata yang terlalu abstrak, melainkan kata-kata sederhana yang biasa ia gunakan sehari-hari. Sehingga pembaca mudah memahami.

Jadi ingin tahu tulisan Anda menarik atau tidak. Mintalah rekan Anda membaca karya Anda, dan tanyakan apa yang mereka pahami? Bagaimana menurut mereka, apakah tulisan Anda cukup mudah dimengerti dan menarik? Jika mereka katakan ya, berarti tulisan Anda cukup baik.

Tidak ada komentar: