;

Sabtu, 11 Juli 2009

SARAN DARI SEORANG PENULIS: MENULIS YA MENULIS!!!


Saya pernah bertemu dengan seorang penulis sukses yang kebetulan masih satu almater dengan saya. Tentu, yang ingin saya tanyakan padanya, bagaimana agar saya bisa lihai menulis seperti dirinya. Karena pada saat itu saya baru belajar menulis buku.

Namun sungguh mengejutkan jawabannya terhadap pertanyaan saya.

“Kak, apa sih rahasianya biar bisa menulis”, tanya saya.

“ Menulis!”, jawabnya

“ Ya, kiat-kiatnya, kak, biar lancar kayak kakak?”

“ Ya, menulis, itu saja”, jawabnya lugas.

“ Masa, gak ada cara lain. Apakah trik-trik khusus atau metoda tertentu, kak”, tanya saya kemudian.

“ Tidak perlu pake metoda macam-macam. Pokoknya kalau kamu ingin menulis, yang menulis sajalah. Biarkan pikiranmu menemukan sendiri metoda yang cocok untukmu”, demikian jawabannya.

Pada awalnya saya pikir dia orang yang pelit membagikan pengetahuannya pada orang lain. Namun setelah saya mencoba mengikuti sarannya, ternyata ada benar juga.

Sewaktu saya mencoba menulis pada waktu pertama sekali, hasilnya sungguh tidak memuaskan. Tulisan saya acal kadut, tidak jelas jentrungannya.

Namun saya tetap memegang masukan dari si kakak kelas, ingin bisa menulis ya menulis. Setiap hari saya berusaha untuk menulis, minimal 1 lebar satu hari. Hal yang saya tulis adalah pengalaman saya hari ini. Atau juga pemikiran saya tentang sesuatu hal.

Saya sadar tulisan saya masih kurang menarik. Namun semakin saya menyadari berbagai kekurangan dalam tulisan saya, sayapun berusaha mencari cara untuk memperbaikinya. Alhasil tulisan saya makin hari makin baik. Dari tulisan yang acal kadut, akhirnya beberapa tulisan saya terbit di majalah di publis di media online.

Tidak hanya semakin baik kualitas tulisan saya. Namun juga saya menemukan berbagai trik-trik tertentu untuk bisa menuntaskan sebuah artikel dalam waktu singkat. Merangkai informasi atau ide menjadi tulisan yang bersifat populer dan menggugah.

Puncaknya saya akhirnya bisa menerbitkan buku saya sendiri. Kalau saja saran si kakak kelas itu tidak saya ikuti maka mungkin ceritanya akan menjadi lain. Saya akan terus mencari bertanya trik-trik untuk bisa menulis, dan tidak akan menulis sampai saya menemukannya. Padahal trik efektif untuk bisa menulis, ya, menulis.

Jadi terlepas apapun trik-trik yang saya tawarkan di buku ini tidak akan menjadi berarti tanpa Anda mulai menulis. Karena tidak ada cara lain untuk bisa menulis selain menulis. Karena semakin sering Anda menulis maka akan semakin baik tulisan Anda.

Usahakan untuk membuat artikel, apapun setidaknya 1 lembar satu hari. Sehingga Anda terbiasa menuangkan pikiran ke dalam tulisan. Dijamin perlahan tapi pasti Anda bakal menjadi pakar menulis. Karena tidak ada cara lain untuk menjadi penulis sukses selain menulis

Tidak ada komentar: