;

Senin, 22 Februari 2010

Buku Menarik "Hati-Hati Mengatakan Anda Tidak Sakit Jiwa"


Tidak banyak buku kesehatan yang mengingatkan pembacanya tentang risiko gangguan jiwa. Bahwa siapapun dapat mengalami gangguan tersebut. Oleh karena itu, melalui buku ini penulis ingin mengajak pembaca untuk menyadari pentingnya kesehatan jiwa. Dan senantiasa mengevaluasi diri barangkali ada indikasi gangguan dalam dirinya. Sebab salah satu cara untuk menangkal gangguan jiwa adalah menyadari adanya ketidakseimbangan dalam diri.

Menariknya, buku ini tidak ditulis oleh pakar kejiwaan, melainkan seseorang yang pernah mengalami kejiwaannya. Penulis tidak hanya mengalami satu jenis gangguan jiwa, namun ada beberapa jenis gangguan jiwa. Idan, gangguan ini dialaminya selama puluhan tahun, sejak kecil hingga ia mulai memasuki dunia karier.

Melalui buku ini penulis ini berbagi pengalaman tentang apa yang ia alami. Agar orang lain tidak sampai harus mengalami apa yang ia alami. Hal yang coba penulis bagikan antara lain tentang Mengapa gangguan tersebut ia alami? Bagaimana kemudian ia mengatasi?.

Dan kemudian ia juga berbagai perenungannya selama puluhan tahun dari berbagai sumber inspirasi bagaimana memelihara kesehatan jiwa. Buku ini menjadi unik karena jarang sekali buku kesehatan jiwa yang ditulis oleh mantan penderitanya sehingga pembaca bisa dibawa pada pengalaman si penderita. Apa sih yang dirasakan mereka yang mengalami gangguan jiwa?

Buku ini ditulis secara populer sehingga bisa menjangkau pembaca yang luas. Apalagi mengingat apa yang disampaikan di sini adalah berdasarkan pengalaman langsung sehingga lebih mudah dipahami, praktis, dan aplikatif. Semoga keberadaan buku ini bisa menambah khasanah buku-buku kesehatan jiwa. Dan setidaknya bisa menyadarkan pembaca bahwa kesehatan jiwa itu sangat penting sehingga perlu dijaga.

Tidak ada komentar: