;

Rabu, 20 Januari 2010

GUNAKAN FAKTA DAN DATA


Ketika Anda membuat buku non-fiksi yang menyampaikan pandangan, statetment atau pendapat, ada baiknya didukung oleh data atau fakta. Selain membuat tulisan Anda lebih menarik, sekaligus membuktikan Anda tidak ”mengada-ngada”.

Misalnya saja dalam sebuah tulisan Anda menyebutkan

“ Olah raga baik untuk kesehatan”.

Pernyataan tersebut bisa menimbulkan pertanyaan. Apa buktinya?

Sebagai pendukung Anda bisa menambahkan ilustrasi atau sebuah fakta.

Misalnya:

”Kakek saya membiasakan berolahraga sejak muda.Setiap hari ia menghabiskan waktu 30 menit joging di pagi hari. Alhasil, meski umurnya mencapai kepala 7 tapi ia masih tetap sehat dan bugar”.

Namun Anda jangan langsung segera puas. Fakta ini masih bisa dipertanyakan.

Apa bukti dari sebuah pengalaman, yakni kakek Anda cukup membuktikan olah raga itu baik?

Agar lebih menggigit maka Anda bisa mencuplik data atau informasi pendukung yang bersifat global. Bisa berupa pendapat ahli atau hasil penelitian tertentu. Misalnya:

Hasil research membuktikan bahwa orang yang rutin berolahraga memiliku peluang berumur panjang.

Maka saat ini pendapat Anda sedemikian meyakinkan.

Olah raga baik untuk kesehatan. Kakek saya membiasakan berolahraga sejak muda.Setiap hari ia menghabiskan waktu 30 menit joging di pagi hari. Alhasil, meski umurnya mencapai kepala 7 tapi ia masih tetap sehat dan bugar. Dan Hasil research membuktikan bahwa orang yang rutin berolahraga memiliku peluang berumur panjang.

Contoh di atas menunjukkan bagaimana sebuah statement didukung oleh ilustrasi dan data. Tentu Anda bisa juga menggunakan ilustrasi lebih dari satu atau data maupun informasi yang lebih kaya. Tentu itu disesuaikan dengan target tulisan Anda.

Tentunya dengan menggunakan kombinasi ilustrasi dan data-data aktual. Apalagi ilustrasi cukup menarik, unik demikian data yang disampaikan terekspos selama ini. Dijamin tulisan Anda lebih hidup dan memberikan wawasan.

Tidak ada komentar: