;

Senin, 18 Januari 2010

MENGAPA NASKAH SAYA BELUM TERBIT?


Mungkin saja Anda cukup beruntung karena naskah Anda diterima salah satu penerbit untuk diterbitkan. Sangkin girangnya Anda kemudian menginfokan kepada Saudara, teman tentang karya Anda tersebut . Tentunya dengan pesan tambahan, ” Jangan lupa beli, ya!!!”.

Anda kemudian menunggu. Sebulan, dua bulan, tapi tidak ada kabar dari penerbit. Bahkan sudah lewat 6 bulan tetap saja pihak redaksi tidak juga menghubungi Anda. Padahal Anda sudah terlanjur menyebarluaskan info tentang buku Anda. Tentu teman-teman Anda terus bertanya.

Maka Anda mulai curiga. Jangan-jangan, naskah tidak jadi diterbitkan. Maka Anda memutuskan untuk menelepon penerbit. Dan betapa kecewanya Anda mengetahui ternyata buku Anda belum disetting, apalagi akan naik cetak?

Penerbitan Naskah
Berapa lama, sih, penerbit menerbitkan buku setelah dinyatakan diterima?

Tentu tidak ada jarak waktu yang pasti. Bisa 3 bulan, 6 bulan bahkan bisa bertahun-tahun. Saya pernah menunggu hingga 1 tahun lebih hingga buku saya dicetak.

Nah, untuk lama tidaknya sebuah naskah dicetak akan sangat bergantung pada beberapa hal.

Pertama, banyaknya antrian naskah. Jika Anda berhasil menembus penerbit besar, saya harus mengucapkan selamat. Namun bersiap-siaplah menunggu lama sampai naskah Anda dicetak.

Pasalnya pada penerbit top sudah dipastikan ada puluhan bahkan ratusan yang diterima dan harus digarap setiap bulannya. Sehingga naskah Anda termasuk yang harus antri untuk disetting setelah naskah sebelumnya selesai.

Untuk penerbit besar saya harus menunggu hingga satu tahun sampai buku diterbitkan. Memang cukup lama, namun umumnya hasil editing, cover cukup baik. Bahkan kesalahan ketik hampir sulit dijumpai.

Kedua, menunggu momen yang tepat. Mungkin saja bagi penerbit buku Anda cukup menarik. Namun agar penjualannya cukup baik maka ditunggu momen yang tepat untuk penerbitan.

Teman saya hanya perlu menunggu 4 bulan hingg bukunya diterbitkan oleh sebuah penerbit besar. Pasalnya tema yang ia dituliskan lagi ramai peminat.

Atau bisa karena tema-tema tertentu tengah dibutuhkan pasar. Jadi untuk sementara naskah Anda dipending, hingga saat yang lebih tepat. Agar penerbit bisa lebih fokus pada tema-tema yang lebih menguntungkan.

Keempat, penerbit mengutamakan kesempurnaan. Ada saja penerbit yang sangat hati-hati dalam mengsetting dan melakukan editing. Adakalanya setelah setting pertama, mereka akan mengirimkan kembali naskah untuk dikoreksi oleh penulisnya.

Setelah itu mereka kembali mensetting dan mengirimkan kembali. Proses ini bisa berlangsung berulang kali, apalagi jika penulisnya selalu memberikan koreksi.

Mengatasi Lamanya Menunggu
Jadi ketika naskah Anda sudah diterima penerbit, maka langkah selanjutnya sebaiknya apa?

Tentu saran yang paling bijak, dari para menunggu setiap hari. Atau berulang kali menghubungi penerbit, adalah membuat karya baru.

Jadi ketika naskah Anda diterima Anda cukup bertanya sekali tentang kapan rencananya buku ini diterbitkan. Jika penerbit mengatakan 3 bulan atau tidak ada kepastian, maka selanjutnya lupakan apapun yang dikatannya.

Fokuskan diri Anda pada karya baru. Sehingga biarpun buku Anda belum terbit, maka Anda sudah siap sedia untuk mempublikasikan buku selanjutnya.

Tidak ada komentar: