;

Senin, 19 April 2010

FORMAT TULISAN BLOG/WEBSITE VS TULISAN MEDIA CETAK


Membuat tulisan untuk blog mungkin agak berbeda dengan tulisan di media cetak. Pasalnya di media cetak tulisan cukup panjang dan perlu penjelasan yang lebih detail. Namun untuk website atau blog sebaiknya tidak demikian.

Harus disadari membaca tulisan dari layar kaca komputer lebih melelahkan dibandingkan membaca via dokumen. Pasalnya radiasi dari monitor komputer cepat membuat lelah mata pembaca apalagi jika tulisannya cukup kecil.

Maka ketika membuat tulisan untuk blog atau website sebaiknya cukup beberapa alinea. Dan alinea yang digunakan pendek-pendek terdiri dari beberapa kalimat. Tujuannya agar pembaca memiliki titik istirahat biasanya pada pengantian kalimat atau pergantian alinea.

Kemudian sebaiknya pesan utama yang ingin disampaikan sudah tertuang pada alinea awal. Sehingga pembaca sudah mengetahui informasi yang ingin disampaikan sejak pertama membaca.

Oleh sebab itu jika seorang pengelola blog menerima tulisan panjang terdiri dari beberapa sub judul. Maka ia akan memecah-mecahkan menjadi beberapa tulisan. Dimana masing-masing sub judul menjadi sebuah artikel yang baru.

Jadi seperti tulisan ini, menggunakan kalimat dan alinea yang pendek. Tulisan singkat tapi informatif. Apakah mata Anda lelah membaca tulisan ini?

2 komentar:

aridha mengatakan...

wah...thank you banget masukannya, baru nyadar selama ini banyak yang kepanjangan he..he...

Abi mengatakan...

oke siap di coba