;

Rabu, 28 April 2010

PELUANG MENJADI GOSHWRITER


Menjadi goshwriter menjadi salah satu bentuk profesi penulisan yang cukup menjanjikan. Pasalnya banyak orang yang membutuhkan jasa ini.

Dalam pemahaman saya goshwriter adalah penulis yang bekerja untuk membuat artikel atau naskah buku untuk orang lain. Namun materi dan substansi penulisan dari orang yang menggunakan jasa. Materi bisa diperoleh dari bahan wawancara, materi blog, materi presentasi, hand out atau dokumen tertulis lainnya.

Biasanya orang-orang yang menggunakan jasa goshwriter adalah tokoh-tokoh terkenal atau seorang yang cukup mapan secara di karirnya namun tidak punya waktu untuk menuliskan pemikiran atau kisah hidupnya ke dalam sebuah buku. Ada juga yang mengaku “ tidak pandai menulis” sehingga terpaksa menggunakan jasa orang lain.

Keuntungan
Keuntungan bagi penulis yang menawarkan jasa sebagai ghoshwriter, tentunya bisa mengenal lebih dekat tokoh ternama yang ingin menggunakan jasanya. Namun keuntungan utamanya, jelas mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan.

Boleh dikatakan rate untuk penulis goshwriter tidak bersifat mutlak. Tentu ini akan sangat ditentukan oleh kemampuan dan pengalaman si penulis dan kerelaan si pengguna jasa untuk membayar.

Untuk penulis yang sudah cukup dikenal memiliki banyak karya tulis atau buku mungkin memiliki ratenya sendiri yang bisa jadi jauh di atas penulis pemula. Sedangkan dari pihak pengguna jasa, ada saja yang dengan gampang menjanjikan harga tinggi. “Untuk buku saya, bapak akan saya bayar Rp. 30.000.000,-“. Namun ada juga yang masih harus tawar menawar dengan penulis mengenai harga.

Kemampuan yang harus dimiliki
Untuk menjadi goshwriter maka seorang penulis harus mampu menulis secara terjadwal. Jika ia mood-mood an , atau menulis sewaktu lagi bersemangat, akan menyulitkannya karena bisanya menjadi goshwriter harus siap bekerja dengan target. Misalnya dalam waktu 3 bulan naskah harus selesai.

Selain itu penulis goshwriter harus mempu menguasai beberapa teknik daya penulisan. Mulai dari yang santai sampai yang serius. Kalau penulis hanya bisa menulis dengan gaya sangat populer maka ia akan kesulitan ketika diminta menulis biografi dengan gaya formal.

Penulis goshwriter harus mampu membahasakan data-data yang tidak terstruktur. Seperti hasil wawancara, materi powerpoint, bahan audio dsb. Ini penting karena biasanya pengguna jasa akan memberikan informasi yang kadang tidak saling berhubungan. Disinilah kejelian penulis meramunya untuk menghasilkan naskah yang berkualitas.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagaimana caranya untuk mendapatkan ordernya?