;

Rabu, 25 Agustus 2010

KEUNTUNGAN MENEMBUS PENERBIT BESAR


Ada beberapa keuntungan bisa menembus penerbit besar, khususnya penerbit-penerbit Group Gramedia.

Pertama, adalah soal distribusi. Begitu buku Anda terbit seketika itu sudah tersebar ke berbagai toko buku. Termasuk juga berbagai toko buku online. Sehingga tidak heran bagi penerbit besar menjual 3000 exp dalam 1 tahun adalah hal yang biasa.

Kedua, soal penempatan buku. Buku-buku saya yang diterbitkan oleh Group Gramedia, diletakkan pada bagian rak yang gampang terlihat dengan posisi melebar. Bahkan sesekali di letakkan pada display buku yang direkomendasikan. Sehingga pengunjung toko buku dapat dengan mudah mengetahui keberadaan buku saya.

Ketiga, soal editing. Jarang saya menemukan kesalahan tulisan pada buku saya yang diterbitkan oleh sebuah penerbit besar, dan hasil editing secara umum cukup memuaskan.

Keempat, soal transparansi. Biasanya penerbit besar secara terbuka melaporkan penjualan buku pada waktu yang ditentukan sesuai yang tertulis pada kontrak kerjasama. Demikian juga soal pembayaran royati, meluncur tepat waktu dan jelas dari mana besaran ini diperoleh. Sehingga saya tidak perlu mengingat atau mempertanyakan ke pada pihak penerbit tentang apa yang menjadi hak saya.

Tidak ada komentar: