;

Rabu, 11 Agustus 2010

SEMANGAT SAJA TIDAK CUKUP

Banyak yang bertanya pada saya, bagaimana saya bisa menyelesaikan 3 naskah bersamaan dalam waktu 3 bulan? Salah seorang rekan menuturkan bahwa ia sanggup menulis buku tentang apa saja, manajemen, politik, psikologi, namun ia bingung kok ketika setiap kali membuat rencana penulisan tidak pernah bisa ia selesai.

Salah satu kendala yang sering dihadapi penulis pemula adalah semangat yang berapi-api di awal penulisan, namun berjalannya waktu semangat itu redup dan proses penulisanpun ikut-ikutan mandek.

Seorang klien menuturkan pada saya, bagaimana buku-buku yang ada di toko buku dan sesuai bidang keilmuannya disajikan secara sederhana dan dangkal.

“Saya bisa menulis buku yang lebih baik dari ini”, ungkapnya. Namun ketika saya memintanya menulis, pada awalnya ia terlihat antusias, namun hingga saat ini naskah itu tidak selesai juga.

Jadi ingin menjadi penulis buku tidak cukup hanya bermodalkan semangat. Anda harus memiliki planning dan kedisplinan diri.

Ketika akan menulis buku, buatlah target Anda terlebih dahulu. “Saya akan menyelesaikan naskah ini dalam waktu 3 bulan”.

Setelah itu susunlah schedule, misalnya tiap minggunya Anda akan menyelesaikan 5 lembar naskah. Dan Anda dapat memplotkan hari untuk writing day. Misalnya setiap hari sabtu selama 2 jam.

Anda juga bisa memberikan reward and punishment pada diri Anda. Jika Anda tidak menepati jadwal Anda, maka Anda tidak boleh melakukan hal yang Anda senangi. Semisal, bermain game atau berolahraga. Namun jika Anda menepati jadwal, Anda dapat memberikan hadiah bagi diri Anda.

Ingin menulis buku? Maka tidak cukup hanya dengan semangat. Anda harus memiliki perencanaan, displin dan motivasi yang tinggi.

Tidak ada komentar: