;

Sabtu, 12 Februari 2011

PENULIS WAJIB MEMELIHARA KESEHATAN

Saya sering menjumpai penulis yang hampir tidak pernah memperdulikan kodisi fisiknya. Penampilan acak-acakan, makan tidak teraratur, waktu istirahat sering digunakan untuk menulis. Seorang teman saya yang berdalih, “Beginilah biasanya gaya hidup seorang penulis.

Tentu saya tidak setuju dengan pendapat sahabat saya itu. Nyatanya saya seorang penulis dan tidak menjalankan hal tersebut. Lagi pula identitas seorang penulis bukan terlihat dari penampilannya yang tidak terawat melainkan dari karya-karyanya.

Menurut saya siapapun Anda, apapun profesi Anda, wajib hukumnya Anda untuk memelihara kesehatan Anda dan penampilan fisik Anda. Saya berkeyakinan kita bisa menghasilkan karya dan kinerja terbaik kita jika kita memiliki pikiran yang fresh. Dan itu dimungkinkan jika kita berada dalam kondisi tubuh yang fit.

Kemudian mengenai penampilan, jika Anda ditanya apakah Anda lebih nyaman berbicara dengan orang dengan penampilan yang bersih atau tidak? Dipastikan Anda akan memilih yang bersih. Meskipun seorang penulis bisa mendapatkan simpati dari karyanya, namun ia akan lebih berkharisma jika penampilan menarik, elegan dan bersih. Setidaknya sehebat apapun karya Anda, tidak ada orang yang mau berdekatan dengan Anda jika tubuh Anda mengeluarkan aroma tidak sedap.

Oleh sebab itu jika Anda telah memilih dan ingin menjadi penulis, satu hal yang perlu saya sampaikan, rawatlah tubuh Anda dengan baik. Perhatikan jam istirahat Anda. Pastikan jika Anda beristirahat cukup. Jangan karena dalih menulis Anda kemudian membiarkan tubuh Anda bekerja tanpa rehat sejenak.

Perhatikan cara makan Anda. Makanlah makanan yang bergizi dan biasakan makan secara teratur. Kemudian jangan lupa berolahraga, hal yang sering kali dilupakan kebanyakan penulis. Berolahragalah secara teratur, selain membuat badan Anda tetap fit , ini juga membantu Anda untuk mengontrol berat badan.

Kemudian jagalah kesehatan pikiran Anda dengan menyiapkan waktu untuk bersosialisasi, berlibur dsb. Jangan sampai pikiran Anda tentang naskah, tulisan, penerbitan menghabiskan waktu Anda. Karena ini bisa jadi akan menciptakan kondisi stress terus menerus pada diri Anda.

Jika ini yang Anda jalankan, maka tubuh Anda tetap fit dan kesehatan Anda selalu terjaga. Alhasil Anda tidak hanya mampu secara konsisten menghasilkan karya, namun juga jauh lebih berkualitas, karena pikiran dan tubuh Anda dalam kondisi yang optimal untuk berkarya.

Tidak ada komentar: