;

Kamis, 17 Februari 2011

SAYA BINGUNG MAU NULIS APA ?


Saya mendapatkan pertanyaan dari salah seorang teman. “ Saya pengen menulis, tapi kok ide saya kering. Ketika sudah di depan komputer saya sepertinya nggak tahu mau menulis apa”. Dan saya yakin ini adalah masalah yang sering dihadapi para penulis pemula.

Menurut saya ada dua penyebab mengapa penulis mengalami masalah “tidak punya ide”.

Pertama, Anda sedang menghadapi mental block. Sesunguhnya Anda bukan tidak tahu apa yang ingin Anda tulis. Melainkan ada keraguan dalam diri Anda, apakah kalimat yang akan saya tulis bagus? Menarik nggak? dsb. Jadi setiap ide yang muncul disensor oleh pikiran evaluatif Anda sendiri. Sehingga Anda merasa seolah Anda tidak memiliki ide kalimat terbaik yang layak Anda tulis.

Tentu saran terbaik mengatasi hal tersebut adalah dengan menuliskan apa saja terlintas di dalam pikiran Anda. Jangan pikirkan apakah tulisan itu bagus, “nyambung atau tidak”, dsb . Ingatlah bahwa Anda bisa menghapusnya nanti jika memang kalimat tersebut tidak Anda butuhkan.

Kedua, memang Anda tengah kehabisan ide. Hal ini memang karena Anda membutuhkan inspirasi. Atau bisa jadi Anda sedang kelelahan sehingga otak Anda “malas untuk berpikir”.

Jika Anda kehabisan inspirasi maka saran saya, pergilah ke perpustakaan atau toko. Baca dan belilah buku yang baru. Dengan mengisi otak Anda dengan hal-hal yang baru bisa memacu pikiran Anda menghasilan ide-ide baru.

Namun, jika Anda kehabisan ide karena otak Anda bekerja berlebihan. Tentu saran terbaik adalah beristirahat. Sebaiknya carilah waktu terbaik untuk menulis yakni ketika fisik Anda lagi fit. Mungkin waktu terbaik adalah pada waktu pagi hari, setelah sarapan dan berolahraga. Pada saat itu diperkirakan kondisi fisik Anda cukup fit untuk menghasilkan karya.

Tidak ada komentar: