;

Senin, 28 Maret 2011

AGAR TULISAN ANDA MEMILIKI SPIRIT

Anda ingin tahu caranya agar tulisan Anda memiliki jiwa?

Tentu saya perlu menjelaskan pada Anda seperti apa sebenarnya tulisan yang memberikan spirit.

Pertama, tulisan yang memiliki jiwa, tidak hanya bisa Anda pahami pada tingkat semantik, namun juga mampu membangkitkan bayangan pada pikiran Anda seperti apa maksud dari penulis. Ketika seorang penulis mengatakan bahwa ia akan melakukan sesuatu, maka Anda tidak hanya mengerti apa yang ia katakan, namun bisa mengambarkan dalam benak Anda seperti hal itu terjadi.

Kedua, tulisan itu tidak hanya mampu menggugah pemahaman Anda namun juga perasaan Anda. Jadi tulisan yang memiliki spirit adalah yang mampu membangkitkan motivasi, semangat, gairah, dsb.

Maka pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara menghasilkan tulisan yang memiliki spirit?

Hal yang perlu Anda lakukan dalam membuat karya adalah tuliskanlah sesuatu yang benar-benar Anda kuasai. Ketika Anda menulis sesuatu yang Anda alami, sesungguhnya Anda tidak hanya menyampaikan kumpulan kata melainkan sebuah gambaran visual yang ada peroleh dari pengalaman Anda. Itu sebabnya pembaca juga bisa menangkap gambaran itu ketika membaca karya Anda.

Kemudian, selain meyampaikan apa yang Anda ketahui, agar tulisan Anda memiliki jiwa, sampaikanlah itu dekat dengan bahasa ujaran Anda. Atau dengan kata lain menulislah sebagaimana Anda berbicara.

Mengapa demikian? Ketika anda menuliskan dengan cara bagaimana berbahasa maka antusiasi, semangat, rasa senang, atau perasaan-perasaan yang lain bisa terwakili dengan baik dengan bahasa yang Anda gunakan. Karena bahasa itu juga yang Anda gunakan mengungkapan sisi emosional Anda.

Tentu juga jangan lupa menyertakan antusiasme, semangat, kegairahan Anda ketika menyusun tulisan Anda , karena secara otomatis itu juga akan mewarnai tulisan Anda dan kemudian dirasakan pembaca.

Hanya dengan memberikan spirit pada tulisan Anda maka pembaca tidak hanya nyaman membaca karya Anda. Namun juga akan lebih efektif menjaring pesan yang Anda manfaatkan.

Tidak ada komentar: