;

Kamis, 31 Maret 2011

BERIKAN MEREKA ANGKA

Adakalanya menggunaan angka dalam tulisan dapat menciptakan daya tarik pada tulisan Anda. Apakah Anda pernah membaca buku non fiksi yang seluruhnya wacana tanpa data? Kira-kira apakah menurut Anda buku tersebut menyenangkan atau sebaliknya?

Ada kesan buku tanpa kutipan data-data menjadi kurang kredible. Menurut Joe Vitale, penulis buku Hynowriting, menulis tanpa kutipan berupa angka-angka, ibarat tulisan tanpa kulit atau hanya berisikan tulang.

Itu sebabnya perlu sesekali Anda mengutip data-data statistika, hasil penelitian yang menonjolkan angka.

Misalnya saja Anda menulis demikian.

Saat ini Indonesia merupakan negara dengan tingkat baca yang tinggi. Terbukti penjualan buku di Indonesia tidak terlalu baik.

Tentu tidak ada yang salah dengan tulisan ini. Namun akan lebih menarik jika Anda menambahkan angka-angka. Sehingga tulisan ini bisa menjadi demikian.

Saat ini Indonesia merupakan negara dengan tingkat baca yang tinggi. Terbukti penjualan buku di Indonesia tidak terlalu baik. Dari data yang dikeluarkan sebuah penerbit nasional jika setiap buku rata-rata hanya mampu terjual sebanyak 1000 exp. Demikian juga data yang dikeluarkan BPS, jika penjualan buku setiap tahunnya tidak lebih dari 1 juta exp.

Coba Anda bandingka., Jelas tulisan kedua lebih menarik. Selain memperkuat pendapat yang anda sampaikan, informasi tambahan yang disajikan dapat memberikan wawasan bagi pembaca Anda.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya memunculkan angka dalam tulisan. Anda bisa munculkannya secara variatif. Tentu tidak di seluruh alinea atau setiap pendapat, namun Anda bisa mencantumkan data secara selektif menggunakan sumber-sumber yang terpercaya.

Sehingga pembaca tidak hanya diperkaya oleh pemikiran Anda namun juga data-data yang memberikan wawasan.

2 komentar:

Bung Iwan mengatakan...

ini tulisan yg sangat menarik. mungkin menjadi penulis bukan cita2 saya, tapi menambah pengetahuan begini amat berguna.
terima kasih sharingnya.

Bung Iwan mengatakan...

maaf. satu komentar lagi.
sayang sekali berkomentar di sini tidak diizinkan login dari akun lain selain google. :(