;

Sabtu, 02 April 2011

CARA MUDAH MENULIS BUKU HOW TO


Buku-buku how to saat ini cukup diminati penerbit. Pasalnya karena menyajikan hal-hal yang praktis, relatif mempu menjaring banyak pembaca.

Ada banyak buku-buku how to yang bisa Anda tuliskan. Mulai dari hal-hal yang kompleks seperti bagaimana cara menggunakan java script hingga hal-hal yang sederhana “mempersiapkan pernikahan”. Intinya, informasi yang Anda sajika dibutuhkan banyak orang.

Jika Anda tertarik menulis buku how to tentu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimanakah cara termudah menyusun buku how to?

Saran terbaik yang bisa Anda jalankan, menurut saya adalah, langsunglah menulis bagian prosedur. Jika Anda ingin menulis cara membuat blog. Tuliskan dan ceritakan dengan detail bagaimana Anda membuat blog, mulai dari pendaftaran hingga aplikasi.

Jika tangan Anda belum bisa dengan lancar mengikuti alur ide-ide yang muncul dalam pikiran Anda, maka Anda bisa merekam tahapan-tahapan yang Anda sampaikan secara verbal. Setelah itu tuliskan hasil rekaman itu.

Dijamin Anda akan lancar menuliskannya karena ini adalah sesuatu yang bersumber dari pengalaman Anda. Setelah itu tulislah bagian-bagian lain yang mungkin menjadi bab tersendiri dalam buku Anda. Misalnya manfaat membuat blog, atau kisah orang yang sukses berbisnis melalui blog.

Teori yang bisa Anda pahami dari menulis bagian prosedur adalah Anda akan lebih mudah menuliskan sesuatu yang bersumber dari pengalaman Anda. Daripada menulis sesuatu yang masih membutuhkan pemikiran Anda.

Tidak ada komentar: