;

Minggu, 17 April 2011

BELAJAR MENGHANCURKAN ZONA KENYAMANAN

Ada yang bertanya, “ Kok, KMB tidak terlebih dahulu memberikan teori ketika membimbing, dan langsung menyuruh bimbingannya menulis. Padahal saya perlu tahu dulu prinsip-prinsip menulis”. Dan banyak orang yang berharap kami membagikan pengetahuan yang “mendadak” bisa membuat seseorang bisa menulis, tanpa harus menyuruh mereka menulis.

Banyak orang bercita-cita menjadi penulis namun tidak “berani” menghancurkan zona kenyamanannya. Termasuk juga ketika memilih mengikuti bimbingan menulis. Apa yang ingin mereka dengar adalah hal-hal yang enak untuk di dengar.

“ Anda punya chance jadi penulis!!!”.

“Selamat Anda calon penulis hebat:.

Memang setiap calon penulis membutuhka motivasi. Namun untuk menjadi penulis sejati Anda harus merubah zona aman Anda. Seperti apa kira-kiranya implementasinya.

Coba bayangkan diri Anda harus berlatih push up di atas pasir dengan tangan dikepal. Anda wajibkan pelatih Anda harus melakukannya 30 kali setiap hari. Jika tidak, Anda akan mendapatkan hukuman. Maka Andapun melakukannya hingga tangan Anda kapalan.

Jika Anda sudah terlatih, kira-kita menurut Anda jika ada yang meminta Anda melakukan push up 10 kali di atas lantai. Apakah menurut Anda ini adalah sesuatu yang sulit dilakukan? Tentu tidak karena Anda sudah mengerjakan hal yang lebih berat.

Begitu juga hukum yang berlaku dalam menulis. Jika Anda ingin bisa menulis 3 lembar naskah dengan cepat, maka berlatihlah untuk menulis hingga 10 lembar dalam waktu tertentu. Dijamin 3 lembar tulisan menjadi sesuatu yang enteng.

Demikian juga jika Anda ingin menulis buku dengan cepat hingga 100 lembar hanya dengan beberapa bulan. Cobalah sesekali menulis buku hingga 200 lembar dan jangka waktu tertentu. Saya bisa menjamin menulis buku dengan jumlah lembar yang lebih sedikit menjadi lebih mudah.

Jadi apa yang kami lakukan di KMB adalah merubah zona kenyamanan Anda. Beberapa bimbingan kami mengaku harus menulis hingga larut malam untuk menyelesaikan tugas yang kami berikan. Namun setelah beberapa bulan mengikuti bimbingan mereka akhirnya merasakan bagaimana pikiran dan jari-jari mereka seolah terkoneksi untuk menyelesaikan tulisan dengan cepat.

Oleh sebab itu jika Anda ingin menjadi penulis, tidak cukup dengan motivasi. Anda juga perlu menghancurkan zona nyaman Anda agar bisa menjadi penulis sejati.

Tidak ada komentar: