;

Senin, 04 April 2011

JIKA NASKAH ANDA DITOLAK

Saya sering mendengarkan cerita, bagaimana seorang penulis yang terlanjur down untuk mengirimkan naskahnya ke penerbit. Penyebabnya tak lain karena naskahnya ditolak oleh sebuah penerbit.

Tentu ini menyedihkan, karena mereka tidak menyadari bahwa , penolakan penerbit belum akhir dari segalanya. Artinya masih ada peluang naskah di terbitkan. Toh, sebagian besar penulis besar juga pernah mengalami penolakan naskah oleh penerbit.

Sesungguhnya, jika naskah Anda ditolak, maka hanya 2 artinya. Pertama, naskah Anda itu tidak cocok dengan penerbit tersebut. Dan tidak mustahil, ada penerbit lain yang membutuhkannya namun Anda belum menemukannya. Kedua, naskah tersebut membutuhkan perbaikan dari Anda agar lebih baik dan layak terbit.

Jika demikian, apakah yang perlu Anda lakukan jika naskah Anda ditolak.

Jelas hal yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan tanggapan penerbit. Jika penerbit tersebut merasa tema Anda tidak cocok, bisa jadi Anda belum tepat membidik penerbit. Namun jika disebutkan jika penyajian naskah Anda kurang baik maka Anda perlu melirik kembali karya Anda. Perhatikan apakah benar penyajiannya masih amburadul.

Jika disebutkan tema Anda kurang tidak cocok, maka jangan patah semangat, karena Anda masih bisa mengirim ulang naskah Anda ke penerbit lain. Ada baiknya ketika Anda akan memilih penerbit, pelajari karakteristik naskah yang diterbitkan penerbit sasaran Anda. Lihat, apakah tema ini sesuai dengan judul buku yang mereka terbitkan.

Jika naskah Anda ditolak ke penerbit besar ada baiknya, Anda dapat mengirim ulang ke penerbit menengah. Atau ke penerbit yang menginformasikan tengah mencari naskah yang bisa Anda lacak di internet.

Namun bagaimana jika kembali ditolak?, Anda bisa mengirimkan ulang naskah Anda di penerbit yang lain. Tapi tidak ada salahnya Anda melakukan pengemasan ulang sebelum naskah tersebut dikirim kembali.

Caranya adalah melihat apakah tema yang pilih terlalu teknis. Jika terlalu teknis maka Anda bisa mengubahnya menjadi lebih umum. Hal ini bisa Anda lakukan dengan penambahan bab, atau penambahan materi. Namun ada baiknya Anda memilih tema untuk pembaca umum.

Setelah itu perhatikan gaya bahasa Anda. Apakah cukup dimengerti. Untuk mengetahui apakah cara penulisan Anda bisa dipahami, mintalah orang lain untuk membaca karya Anda dan dapatkan masukan dari mereka.

Jika Anda sudah melakukan pengemasan, maka Anda bisa mengirim ulang naskah Anda.

Namun bagaimana jika naskah Anda kembali ditolak. Maka yang perlu Anda lakukan adalah mencari tema baru namun Anda masih bisa menggunakan tulisan dan informasi dari naskah Anda yang ditolak. Kemudian kirim ulang.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengirimkan naskah dan melakukan perbaikan adalah

Pertama, sebaiknya kirimkan naskah Anda dengan synopsis dan target pembaca dari buku Anda. Ada baiknya sampaikan juga bagaimana Anda ikut serta membantu dalam memasarkan buku Anda.

Kedua, setiap kali melakukan perbaikan naskah atau perubahan tema, simpanlah selalu naskah yang lama. Bisa jadi jika Anda sudah melakukan perubahan yang sangat signifikan, sebenarnya Anda sudah memiliki 2 naskah yang berbeda. Jika Anda beruntung, naskah yang tadinya Anda rasa tidak layak cetak, bisa saja memiliki peluang untuk diterbitkan, khususnya melalui penerbit-penerbit baru. Jadi tetaplah disimpan.

Tidak ada komentar: