;

Senin, 05 September 2011

ANDA MENULIS SEBUAH YANG LUAR BIASA


Banyak orang yang sibuk memikirkan apakah tulisannya baik? Apakah gaya bahasanya sudah mengairahkan? Apakah kata-kata yang dipilih sudah elegan? Alhasil baru menulis 1 lembar, pikirannya sudah dipenuhi kalimat evaluatif.

“ Mm, kok, rasanya tulisanku kurang ok”.

“ Kok, belum seperti tulisannya Pak Hendra Sipayung”

…bla…bla..bla..

Waspadalah. Ini adalah bentuk kerja mental block Anda. Atau sesuatu yang jahat dalam diri Anda yang tidak ingin Anda menjadi penulis. Dan inilah yang menyebabkan ada jutaan orang tidak pernah menjadi penulis buku hingga ia meninggalkan kehidupan di dunia ini. Jangan-jangan Anda termasuk yang sedang dikuasai sang jahat tersebut.

Pertanyaannya selanjutnya, bagaimana mengatasinya?
Tentu sesuatu yang jahat harus diatas dengan sesuatu yang baik. Oleh sebab itu ciptakanlah sebuah tujuan yang baik dari aktivitas menulis Anda. Mulailah mengeser fokus pikiran Anda dari “bagaimana Anda menulis” pada “apa yang Anda tulis”. Dari perhatian pada “tulisan” Anda bergeser pada “orang yang membacanya kelak”.

Dengan kata lain, anggaplah jika Anda ingin menulis untuk sebuah tujuan yakni “memberikan sesuatu yang luar biasa, bermanfaat, bagi orang banyak”. Bayangkan jika Anda menuliskan apa yang Anda ketahui, mungkin akan ada banyak orang yang terbebas dari kemalasan karena ditampar tulisan-tulisan motivasi di buku Anda. Membuat banyak orang terbebas dari pengangguran karena Anda mendorong pembaca Anda menjadi seorang entrepreneur. Atau membebaskan banyak orang dari ancaman penyakit menakutkan karena melalui karya Anda, sebuah gaya hidup sehat Anda ajarkan.

Mungkin Anda bertanya, bukankah menulis untuk sesuatu yang luar biasa menuntut sebuah kesempurnaan. Bukankah saya harus menulis dengan gaya bahasa yang menarik dan kata yang menggugah?”.

Idealnya demikian, namun jika hal tersebut membuat Anda tidak membuat karya apapun, sebaiknya indahkan pikiran tersebut.

Kuncinya sederhana. Tulislah sesuatu yang bisa Anda mengerti dan orang lain mengerti. Tidak perlu pusingkan apakah tulisan Anda memiliki penyajian yang fenomenal atau tidak. Karena lebih baik Anda memberikan sesuatu yang mungkin tidak sempurna, namun orang masih bisa memperoleh manfaat dari pengetahuan yang Anda bagikan, daripada Anda tidak membagikan sama sekali karena ingin tampil sempurna.

Oleh sebab itu menulis saat ini juga. Yakinkan diri Anda, pengetahuan apapun yang Anda miliki, ketika Anda bagikan akan Anda ribuan orang yang mendapatkan manfaat dari hal tersebut. Bahkan pengetahuan sederhanapun mungkin sangat berharga di mata orang lain. Bayangkan jika melalui apa yang Anda tulis, mereka kemudian mendoakan Anda. Maka akan Anda ribuan doa yang dipanjatkan agar Anda memperoleh kesuksesan dan kesehatan.

Tidak ada komentar: