;

Senin, 25 Oktober 2010

MENGGUNAKAN JASA GHOST ATAU CO WRITER

Ada banyak penulis yang menawarkan jasa penulisan buku bagi mereka yang ingin memiliki buku namun tidak memiliki waktu untuk menulis. Hanya seringkali kerjasama ini bisa menimbulkan masalah jika si pengguna jasa tidak memahami fungsi seorang ghostwriter atau cowriter tersebut.

Satu hal yang perlu disadari bahwa ghostwriter maupun cowriter bukanlah si pemilik pemikiran. Mereka menuliskan berdasarkan batas pemahaman mereka tentang ide-ide si calon penulis utama. Dipastikan bisa saja si ghostwriter maupun cowriter tidak dengan tepat menuliskan sesuai yang diinginkan si pengguna jasa.

Oleh sebab itu walaupun menggunakan jasa penulis tersebut namun si pemilik buku kelak harus ikut serta mengevaluasi naskah yang dituliskan si penulis pendamping. Maka ketika menggunakan jasa cowriter maupun ghostwriter hal yang perlu Anda perhatian adalah:

1. Sebaiknya pilihlah penulis biasa menulis bidang sesuai dengan bidang Anda. Ini bisa Anda ketahui dari buku-buku karyanya atau dari CV yang ia kirimkan. Namun, jika Anda memilih penulis yang tidak sesuai dengan bidang Anda, sebaiknya Anda harus sering mengevaluasi naskah agar lebih sempurna.

2. Jangan pernah mengkritik gaya penulisan seorang penulis apalagi yang sudah memiliki buku yang sudah diterbitkan. Pasalnya ia bisa saja lebih ahli dibandingkan Anda dalam bidang penulisan walaupun tidak dalam bidang keilmuan Anda. Seorang penulis akan sangat sulit mengubah gaya penulisannya dalam waktu sekejap. Sebaiknya pelajari karya-karya penulis yang ingin Anda ajak bekerjasama. Jika menurut Anda stylenya cocok dengan selera Anda maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa si penulis.

3. Ingat bahwa seorang penulis tidak dibayar untuk membuat naskah yang sempurna. Ketika Anda menggunakan jasa seorang penulis perlu Anda ingat bahwa ia hanya membantu Anda merangkai kata untuk mewujudkan naskah Anda. Namun tidak membuat sebuah naskah yang 100 % sesuai keinginan Anda. Anda tetap harus ikut serta mengemasnya agar lebih menarik. Setidaknya membangun naskah hingga 60 atau 70 lembar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dibandingkan sekedar mengoreksinya kemudian . Jadi ketika seorang penulis telah membuat naskah Anda 60 atau 100 lembar bayarkan jasa mereka. Jika Anda terlalu banyak komplain terhadap hasil kerja seorang penulis maka saran terbaik adalah " mengapa Anda tidak menulis buku Anda sendiri?".

Tentu ini perlu Anda sadari mengingat menulis buku bukan hal yang mudah. Apalagi dengan sebuah tuntutan waktu penyelesaian. Di sisi lain ketika Anda menggunakan jasa penulisan maka Anda telah menggunakan keahlian mereka untuk membuat kalimat yang mudah dipahami. Karena seorang penulis profesional adalah orang-orang menulis tidak hanya menuangkan ide ke dalam tulisan melainkan juga membayangkan pemahaman pembaca terhadap apa yang ia tuliskan.

Tidak ada komentar: