;

Senin, 25 Oktober 2010

MENULIS BUKU MEMBUTUHKAN TAKE ACTION

Jika Anda ingin menulis buku maka hal yang perlu Anda lakukan adalah...Menulis! menulis! dan menulis!. Dan "Take action, now!!".

Saya bisa memastikan, jika ini adalah kali pertama Anda menulis buku, maka Anda akan menjumpai banyak masalah. Mulai dari ide-ide yang berkembang tanpa arah, aliran penulisan yang tidak jelas arahnya, sulitnya memilih kata yang tepat untuk menuangkan ide dalam pikiran Anda dan banyak lagi masalah yang muncul. Namun akan lebih baik menemukan masalah setelah memulai penulisan daripada memikirkan kendala yang bakal muncul sebelum Anda pernah memulai menulis.

Saya memiliki pengalaman yang menarik saaat memutuskan akan belajar menulis. Saya ketika itu meyakini, semakin banyak buku yang saya baca akan semakin mudah saya menulis. Alhasil berbagai macam buku menulis saya garap. Termasuk juga buku tentang editing dan menyusun kalimat jurnalistik yang jarang dibaca penulis pemula.

Namun ketika saya mulai menulis, pikiran saya diliputi rasa khawatir. " Menurut buku ini bahwa susunan kalimat yang baik adalah seperti ini". " Menurut buku yang lain, pemilihan kata harus tepat agar menarik". " Buku yang lain mengingatkan bahwa seorang penulis harus bisa menyusun kalimat yang efektif". Alhasil otak saya mandek dan setiap kali menulis satu kalimat, saya merasa tidak puas lalu menghapusnya.

Setelah frustrasi karena tidak bisa menyelesaikan satu artikel , akhirnya saya memutuskan untuk menulis tanpa memikirkan baik buruknya tulisan saya. " Ini hanya kesenangan sendiri".

Begitulah awal cerita bagaimana saya akhirnya terbiasa untuk menulis. Setelah menulis menjadi aktivitas rutin baru saya menyadari manfaat pengetahuan yang saya peroleh dari buku-buku yang pernah saya baca. Hingga akhirnya saya tidak saja bisa menulis sebuah artikel namun juga sebuah buku.

Oleh sebab itu ketika Anda ingin menulis, take action!!!!!. Biarkan diri Anda menjumpai berbagai kendala yang pernah dialami oleh semua penulis ketika belajar menulis. Pada saat itulah Anda akan dipacu mencari jawaban, baik dari buku-buku atau sumber-sumber lain di internet yang akan meningkatkan pengetahuan dan keahlian Anda di dalam menulis. Dijamin ini akan lebih bermanfaat.

Namun ketika Anda hanya berniat menulis dan tidak pernah memutuskan " saya akan lakukan saat ini", saya pastikan mimpi Anda menjadi penulis tidak akan pernah tercapai.

Tidak ada komentar: