;

Jumat, 19 Juni 2009

DARI BLOG TERBITLAH BUKU

Anda suka menulis di blog? Kalau ya, beruntunglah Anda. Karena kebiasaan tersebut bisa membuat Anda memiliki buku sendiri dengan mudah.

Sadarkah Anda banyak buku-buku yang ternyata adalah kumpulan tulisan dari blog pribadi. Salah satunya adalah buku karya Raditya Dika, yang sukses menjadi best seller untuk buku Kambing Jantan.

Kebetulan saya pernah menggarap buku Paman saya dengan cara demikian. Isi buku tersebut tak lain adalah kumpulan tulisannya di blog www.meontology.blogdrive.com.

Jadi jika Anda sering mempublikasikan tulisan di blog Anda, cobalah cek kembali koleksi Anda tersebut. Barangkali bisa dikumpulkan menjadi sebuah buku. Asalkan topiknya berkaitan satu sama lain.

Misalnya Anda suka menulis tentang trik-trik mempercantik blog. Atau ”Kiat-kiat berbisnis dengan modal dengkul” di blog. Jika ini dipublikasikan menjadi buku pasti bisa mengundang pembaca. Dan Anda bisa mendapatkan keuntungan materi dari royaliti penjualan.

Apalagi jika tulisan Anda sifatnya adalah tentang trik-trik, how to? Karena buku-buku yang banyak menjaring pembaca adalah yang isinya adalah tentang hal-hal yang praktis.

Hanya saja ketika hendak dijadikan buku Anda perlu mengemas tulisan-tulisan tersebut terlebih dahulu. Tentu pilih tulisan-tulisan yang berkaitan atau memiliki kesamaan tema. Kemudian susun secara sistematis. Sehingga tulisan Anda tampak benang merahnya, meskipun Anda menuliskannya pada saat yang berbeda.

Setelah itu edit tulisan Anda. Karena tulisan di blog adakalanya dipenuhi salah ketik, atau tata bahasa yang tidak baku. Dan lebih baik lagi jika bisa ditambahkan dengan ilustrasi atau gambar pendukung. Sehingga naskan Anda tersebut menjadi lebih menarik dan cocok untuk tampilan buku.

Kemudian hal penting lainnya, tentukan judul dari naskah Anda tersebut. Pilihlah judul yang menarik namun singkat, sebaliknya tidak lebih dari 5 kata. Setelah naskah Anda sempurna maka dapat Anda kirimkan kepada penerbit yang sesuai.

Jadi hobi menulis di blog ternyata bisa menguntungkan. Bagi Anda yang biasa menghasibkan menghabiskan waktu menulis tentang hal-hal yang Anda ketahui di media maya tersebut. Perlahan tapi pasti kelak tulisan tersebut dapat menjadi naskah buku Anda sendiri.

Tidak ada komentar: