;

Selasa, 30 Juni 2009

MENULIS BUKU 100 HALAMAN? SIAPA TAKUT!!!

Salah satu hambatan bagi penulis pemula untuk membuat buku adalah ”kecut hati” ketika harus membuat buku sebanyak 100 lembar. Kebanyakan buku-buku yang ada di toko-toko memiliki ketebalah 100 lebih. Sehingga si calon penulis buku pun menjadi cemas, ” Mungkinkah saya membuat naskah setebal 100 lebar? Soalnya membuat artikel 5 lembar saja saya kesulitan".

Tentu jika langsung melihat buku yang sudah terbit dengan ketebalan lebih seratus memang bakal membuat Anda, yang ingin membuat buku menjadi tidak PD. Namun sebaiknya Anda harus memahami proses untuk membuat buku 100 lembar tersebut. "Bagaimana si penulis itu perlahan tapi pasti bisa menyelesaikannya naskah yang tebal tersebut".

Tapi yang pasti naskah tersebut tidak diselesaikan dalam waktu satu hari atau beberapa minggu. Perlu waktu berbulan-bulan seorang penulis menyusun naskah. Dan proyek penulisan buku setebal 100 halaman bukan hal yang menakutkan jika kita melihat buku itu terdiri dari beberapa bagian Bab.

Misalkan saja Anda adalah penulis yang to the point, jadi biasa menyampaikan pesan yang singkat dan padat. Katakanlah untuk satu artikel Anda hanya bisa membuat tulisan 4 lembar. Maka untuk membuat naskah 100 lebar, Anda perlu membagi buku Anda ke dalam 25 bab.

Katakanlah Anda diminta menulis buku setebal 100 lembar tentang ”Cara memasak Sayur yang tepat”. Maka Anda bisa membuat outline demikian

1. Pendahuluan
2. Jenis Sayuran yang bagi bagi sehat
3. Aturan membersihkan sayur
4. Aturan dasar memasak sayur
5. Memasak Sayur tanpa minyak
6. Bumbu-bumbu sehat untuk memasak sayur
7. Sayur setengah matang untuk vitalitas
8. Variasi memasak sayur
9. Menyimpan masakan sayuran
10. Rahasia Bangsa Eropa memasak sayur
11. Rahasia Bangsa China memasak sayur
12. Rahasia Bangsa Indonesia memasak sayur
13. Resep sayuran untuk pengobatan
14. Hal yang haram dalam penyajian sayuran
15. Penutup

Maka untuk setiap bab rata-rata Anda cukup membuat tulisan sepanjang 7 alinea. Dan untuk menyelesaikan artikel sepanjang itu juga tidak sulit, karena tidak seluruh bagian tulisan itu murni dari pikiran Anda sendiri. Karena setiap bagian alinea, Anda juga akan melengkapi dengan kutipan, atau ilustrasi yang Anda ambil dari tulisan orang lain.

Belum lagi jika tulisan Anda dilengkapi dengan data tabel, gambar atau bagan. Maka untuk membuat tulisan sepanjang 7 sampai 10 lembar bukanlah hal yang sulit.

Dengan membuat outline demikian dan target tulisan yang harus dibuat setiap babnya, maka tinggal membuat scedule Anda. Misalnya hari ini Anda menyelesaikan bab 1 atau bab 7, tidak harus sistematis. Jadi saat menulis Anda tidak lagi fokus pada jumlah halaman akhir naskah, melainkan panjang naskah per bab.

Disamping itu perlu juga Anda ketahui. Jika Anda membuat naskah setebal 100 lembar dalam format A4 biasanya dalam bentuk buku tebalnya bisa 4/3 kali bahkan 2 kali dari naskah asli. Dan ini juga akan sangat tergantung format bukunya, buku jenis buku saku yang lebih kecil. Dengan naskah setebal 50 lembar Anda bisa mendapatkan naskah setebal lebih dari 150 lembar.

Jadi siapa bilang menulis naskah 100 lembar itu sulit. Dengan membuat sceduling per bab maka buku tebal sekalipun dapat Anda garap tanpa terasa dalam waktu beberapa bulan.

Tidak ada komentar: