;

Selasa, 30 Juni 2009

PASARKAN BUKU ANDA!!! (“LEBIH AKTIF LEBIH BAIK”)

Tidak banyak penulis yang cukup beruntung, dengan “hongkang-hongkang kaki”, bisa meraih best seller untuk karyanya. Mereka cukup menyerahkan urusan pemasaran kepada penerbit saja dan kemudian menunggu bukunya laris manis terjual.

Idealnya penulis perlu ikut serta mempromosikan karyanya jika ingin laku dipasaran. Bahkan kemampuan penulis dalam menghimpun pembeli dari jaringan yang dimilikinya menjadi salah satu pertimbangan penerbit untuk menerima sebuah naskah.

Jadi bagi Anda yang mungkin akan menerbitkan buku. Atau sudah memiliki buku namun penjualannya “mandek”, maka Anda perlu aktif memasarkannya.

Namun bagaimanakah cara jitu yang bisa digunakan penulis untuk mempromosikan bukunya?

Pertama, Anda harus sadari, kebanyakan penulis pemula atau yang belum terkenal menjual bukunya kepada orang terdekat. Mungkin kepada Saudara, teman, relasi dsb. Mereka akan lebih mudah membeli buku Anda bukan karena kualitas isinya namun karena ”Anda sendiri”. Sebagai bentuk dukungan pertemanan atau persaudaraan.

Jadi ketika Anda akan menerbitkan buku, ”demikian juga yang sudah”, sebaiknya kumpulkan no Hp, telp, email dari teman atau Saudara Anda. Jika buku Anda sudah ada di toko-toko buku mulailah melakukan promosi.

Anda juga bisa memasarkan buku Anda memanfaatkan milis pertemanan, alumni dsb melalui jaringan internet . Atau menyebarkan brosur-brosur pada saat ada pertemuan keluarga atau reunian. Dan bisa juga langsung membawa buku tersebut untuk dijual pada momen itu.

Kedua, promosikan buku Anda di tempat dimana target pembaca Anda berada. Mungkin Anda bisa mengikuti milis, atau jaringan sosial seperti facebook, yang khusus mendiskusikan hal-hal yang sesuai dengan tema buku Anda. Misalkan tema buku Anda tentang filsafat ada baiknya Anda promosikan di milis tentang filsafat.

Anda bisa juga mengirimkan brosur ke tempat perkumpulan atau organisasi yang berhubungan dengan tema buku Anda. Misalkan untuk buku tentang budidaya tanaman, sebaiknya Anda mengirimkan brosur ke kampus-kampus yang terdapat fakultas pertaniannya.

Ketiga, apakah Anda memiliki sahabat orang ternama atau pakar yang berkaitan dengan tema buku Anda? Jika ada, beruntunglah Anda!!. Mereka bisa Anda minta mereview buku Anda di surat kabar atau situs pribadinya. Tentunya nama besarnya bisa mendongkrak penjualan buku Anda.

Keempat, promosikan buku Anda melalui media massa. Jika Anda memiliki dana tidak ada salahnya mengiklankannya di majalah atau koran ternama. Tapi jika tidak mungkin Anda bisa memilih majalah atau koran internal di kantor, sekolah, dsb untuk mempublish buku anda. Biasanya biayanya lebih murah dan bisa jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Kelima, buatlah website atau blog yang khusus mengulas buku Anda tersebut. Disitu Anda bisa menampilkan penggalan tulisan atau informasi yang ada di buku Anda. Jadi jika pengunjung ingin mendapatkan info lebih lengkap, ya, tentunya harus membeli buku Anda.

Apa yang disampaikan di atas mungkin hanya sepenggal dari trik-trik memasarkan buku. Namun intinya Anda juga harus terlibat memasarkan buku Anda. Karena semakin laku terjual maka royality yang Anda dapatkan tentunya akan semakin besar. Jadi ”lebih aktif lebih baik” tentunya.

Tidak ada komentar: