;

Selasa, 11 Januari 2011

MEMBUAT SISTEM PENJADWALAN MENULIS


Salah satu kendala yang dihadapi penulis dalam menyelesaikan naskahnya adalah masalah mood. Banyak penulis yang mulai mengoreskan penanya pada saat ia merasa sangat bergairah. Namun ketika ia sedang bad mood ia bisa meninggalkan aktivitas penulisannya begitu saja.

Hanya saja ada penulis yang akhirnya terlanjur tidak menyelesaikan naskahnya hingga bertahun-tahun. Berawal dari kehilangan mood namun berkembang menjadi kemalasan yang berkepanjangan.

Oleh sebab itu ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat memacu Anda untuk konsisten menulis.:

1.Umumnya para jurnalis mampu menulis dalam berbagai kondisi. Alasannya karena mereka harus menyelesaikan sejumlah tulisan tepat waktu. Jika mereka tidak menyelesaikan tugasnya dengan baik maka akan berdampak pada penghasilan mereka. Barangkali kita bisa menerapkan prinsip kerja para jurnalis dengan menetapkan target penyelesaian naskah. Anggaplah bahwa Anda memiliki waktu dead line, misalnya “Pada Bulan 3 Desember 2011 saya akan menyelesaikan naskah saya”.

2.Buatlah jadwal dan target mingguan Anda. Ada baiknya Anda menentukan waktu Anda menulis dan target halaman atau bab yang harus Anda tuliskan. Jadi Anda bisa menetapkan jika waktu menulis Anda adalah setiap hari Jumat malam 20.00 sd 22.00 dan Sabtu 08.00 sd 11.00. Dan Anda bisa menyusun jadwal ini dalam bentuk matriks.

3.Selain Anda perlu menentukan jadwal untuk menulis Anda juga harus menetapkan waktu Anda untuk mengumpulkan materi dan mencari aspirasi penulisan. Jadi Anda bisa memilih waktu misalnya setiap hari minggu jam 12.00 sd 14.00 adalah waktu untuk membaca buku dan mencari materi pendukung di internet atau sumber-sumber lain. Sehingga ketika Anda menulis banyak hal yang bisa Anda tuangkan.

4. Dalam menyusun target sebaiknya Anda harus mendasarkan kepada kemampuan Anda. Atau harus realistis. Namun jika Anda bisa menyelesaikan lebih cepat dari target Anda, maka Anda bisa mempersingkat waktu penyelesaian untuk naskah selanjutnya. Jika terlalu sulit meraih targetnya mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menurungkan target Anda.

Dengan membuat target dan jadwal sedemikian maka Anda lebih tertuju pada apa yang ingin Anda capai. Walaupun mungkin tidak selalu dengan mudah mengalahkan mood,namun cara ini bisa membuat Anda lebih konsisten dalam menulis.

Tidak ada komentar: