;

Selasa, 25 Januari 2011

PENULIS JUGA SERING TIDAK PD DENGAN KARYANYA


Seorang penulis pemula mengungkapkan pada saya jika ia merasa jika karyanya tidak sempurna. Dan itu alasan mengapa ia enggan mengirimkan naskahnya ke penerbit.

Namun ia tidak menyadari perasaan ini tidak hanya dirasakan penulis pemula seperti dia. Saya juga sering mengalami ini. Saya sering merasa tidak “PD” dengan karya saya. Bahkan tulisan dari buku-buku saya yang telah terbit, menurut saya masih banyak kekurangan di dalamnya.

Hanya perbedaan saya dengan si penulis pemula adalah saya tidak pernah takut mengirimkan naskah saya meskipun menurut saya banyak kekurangan. Sedangkan ia gagal mengalahkan perasaan tidak percaya dirinya tersebut. Alhasil saya bisa menerbit buku sedangkan naskah si penulis pemula masih tersimpan di komputer.

Oleh sebab itu, salah satu tembok yang dihadapi penulis pemula, menurut saya, adalah perasaan tidak percaya diri. Selama Anda tidak mampu mengalahkan perasaan tidak PD untuk berani mengirimkan naskah ke pada penerbit, maka mustahil Anda dapat menerbitkan karya Anda.

Uniknya, setelah buku saya terbit baru saya menyadari, jika karya yang saya rasa tidak sempurna ternyata bagi orang lain, khususnya pihak redaksi penerbit, memiliki nilai tertentu. Jadi, jika Anda memiliki naskah, segera mengirimkan ke penerbit. Bisa jadi sesuatu yang menurut Anda tidak sempurna namun bagi orang lain (penerbit) tidak demikian.

1 komentar:

DiKka D'dieziey mengatakan...

yach, seperti yg ku alami...
heheeyyyy....:D